6 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Bisnis Online

6 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Bisnis Online

Pernahkah kamu membayangkan di rumah saja namun mendapatkan penghasilan? Jika pernah kini semua itu bisa mungkin terwujud. Caranya adalah dengan berbisnis online yang memang peluangnya cukup besar. Dengan terjun di bisnis ini, kamu tak perlu datang ke kantor dan memiliki jam kerja. Namun sebelum kamu benar benar memutuskan untuk terjun di dunia usaha online, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut. Simak ulasannya.

  1. Membuat Rencana Bisnis Yang Jelas

Sekalipun usaha ini adalah usaha online, kamu tetap membutuhkan rencana bisnis yang jelas. Dengan membuat rencana kamu akan memiliki pandangan atau visi misi untuk mengembangkan usaha. Rencana bisnis, juga akan membuat kamu mudah untuk menentukan langkah selanjutnya. Rencana ini sebaiknya tidak hanya di awang awang, namun dituliskan dengan detail. Terkait produk, modal hingga hal teknis pendukung lainnya.

  1. Menentukan Produk

Sebenarnya begitu kamu membuat rencana, sudah seharusnya kamu berfikir produk apa yang akan kamu jadikan sebagai usaha. Sebaiknya kamu memilih produk yang tak hanya trend saja, sebab jika trend tidak berlaku maka produk kamu akan terimbas juga. Sebaiknya, sebelum memutuskan produk, alangkah baiknya jika kamu melakukan riset dahulu. Sehingga bisa menentukan produk apa yang dibutuhkan oleh konsumen sesuai target kamu.

  1. Membuat Akun atau Website

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan ketika akan terjun dalam usaha online ini, kamu harus membuat akun maupun wesbite untuk menjual produk. Saat ini berjualan secara online bisa dilakukan dengan media sosial sehingga tak melulu website saja. Pastikan jika akun atau website kamu memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan pesaing. Untuk website kamu bisa memilih website gratis maupun membeli domain untuk website tersebut.

  1. Menentukan Nama Online Shop

Selanjutnya yang juga tidak bisa diabaikan adalah menentukan nama toko online kamu. Untuk menentukan nama online shop juga ada kiat kiat khusus yang bisa kamu lakukan. Sebaiknya kamu memilih nama nama yang mudah untuk diingat. Hal ini karena nama toko akan selalu menjadi branding selama toko ini berdiri. Selain nama yang diingat, kamu juga harus memastikan nama tersebut sesuai dengan produk yang kamu jual.

  1. Pelayanan Yang Maksimal

Meskipun kamu tidak akan bertemu dengan customer secara langsung, namun kamu tetap harus mengutamakan pelayanan yang memuaskan. Dengan pelayanan yang baik, maka customer yang sudah pernah membeli produk kamu akan kembali lagi. Pastikan untuk selalu bersikap ramah kepada customer walaupun tak selalu membeli produk. Selain itu, fast respon juga perlu kamu berikan agar kamu tak kehilangan kesempatan mendapatkan pelanggan.

  1. Promosi Perlu Dilakukan

Sebelum kamu membuka usaha online, kamu juga harus memikirkan promosi untuk membuat usaha kamu laris manis. Promosi ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial yang kamu miliki. Kamu juga bisa mengadakan give away atau promo promo khusus agar bisa menjaring konsumen lebih banyak lagi. Sehingga walaupun kamu menjual melalui website atau portal lainnya, akan selalu ada media sosial lain sebagai promosi.

Usaha online memang terlihat menggiurkan dan menjanjikan, namun jika dibarengi dengan pengelolaan yang baik. Kamu harus benar benar mengenal pasar kamu agar mudah untuk menawarkan atau memasarkan produk maupun jasa. Selain itu, untuk membangun kepercayaan customer dibutuhkan kesabaran sebab tak membutuhkan waktu yang sedikit. Kamu juga harus benar benar fokus pada bisnis online yang dibangun agar bisa berkembang.