Terhindari Dari Inflasi, Inilah Pentingnya Investasi Sejak Dini

Terhindari Dari Inflasi, Inilah Pentingnya Investasi Sejak Dini

Investasi sejak dini sering kali diremehkan dengan dalih usia yang masih muda, belum membutuhkan dana lebih. Akan tetapi, banyak orang yang sukses di masa tua karena dana yang dimiliki dialokasikan ke investasi jangka panjang agar dapat untung berlipat. Dengan dana yang lebih, terkadang justru dipakai untuk barang konsumtif yang kurang manfaat. Oleh karena itu, sebaiknya beralih ke investasi yang mendatangkan keuntungan lebih. Yuk cek di sini!

  1. Terhindar dari Utang

Generasi milenial yang telah memiliki penghasilan biasanya belum memilih alokasi dana pengeluaran lebih. Oleh karena itu, bingung untuk menghabiskan uangnya atau justru ingin belanja barang barang kurang bermanfaat. Tidak jarang dipakai untuk beli gadget terbaru, barang bermerk yang cukup mahal, atau liburan ke berbagai tempat. Bahkan ada pula yang ingin memuaskan sifat konsumtifnya dengan memakai kartu kredit yang terhitung praktis.

Hal ini menjadi sikap yang patut diwaspadai karena dapat berdampak cukup buruk di masa yang akan datang. Sebaiknya mulai mengalokasikan dana lebih ke arah yang lebih baik, salah satu contohnya berinvestasi. Anda dapat memilih instrumen investasi dengan modal minim ataupun besar, bergantung keinginan. Setelah itu, anda bisa mengelolanya agar dapat untuk yang maksimal dalam jangka waktu tertentu. Dengan begitu, uang anda tidak habis secara percuma.

  1. Nilai Aset Tehindar dari Inflasi

Menurut data lima tahun terakhir, inflasi yang terjadi di Indonesia cukup besar dan justru meningkat. Dampak yang dirasakan langsung oleh masyarakat ialah daya beli uang semakin lemah, meskipun jumlahnya tetap. Seluruh harga barang menjadi naik dan melonjak cukup drastis, sehingga berdampak buruk untuk masyarakat menengah ke bawah. Hal ini dapat diantisipasi dengan menempatkan uang sebagai investasi dan terhindar dari merosotnya daya beli rendah.

  1. Niai Aset Meningkat

Disebutkan bahwa nilai aset anda akan meningkat bila ditempatkan sebagai investasi. Di berbagai instrumen investasi, banyak keuntungan yang diperoleh salah satunya nilai yang semakin tinggi. Baik deposito, saham, emas, properti, fun88 ataupun lainnya akan meningkat dengan tingkat yang berbeda beda. Anda dapat memilih salah satu instrumen dengan dana yang sesuai dengan kondisi keuangan agar nilai kekayaan anda semakin tinggi.

  1. Memenuhi Kebutuhan di Masa Depan

Keuntungan sebelumnya menyebutkan bahwa nilai kekayaan anda meningkat dengan melakukan investasi. Anda akan memeroleh untung yang berlipat, sehingga target keuangan dapat dicapai dengan mudah. Implikasi dari hal ini membuat anda bisa membeli segala hal yang dibutuhkan di masa depan, seperti rumah, tanah, atau lain lain. Investasi membuat anda dapat mencapai target keuangan lebih cepat daripada menabung cara konvensional.

  1. Bagian dari Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan dapat anda lakukan sejak dini, tetapi harus disesuaikan dengan jenis investasi yang dipilih. Investasi jangka panjang dapat anda pakai sebagai dana pensiun, sehingga tidak perlu khawatir untuk masa tua. Instrumen dengan jangka waktu yang lebih pendek kurang efektif, tetapi dapat dimaksimalkan bila dimulai sejak dini. Jenis investasi yang memiliki jangka waktu lebih pendek terdiri atas beberapa pilihan yang lebih banyak.

Usia yang masih muda bukan alasan agar anda tidak berinvestasi dan justru menghabiskan uang untuk barang habis pakai. Investasi yang dimulai sejak dini dapat menghasilkan untung yang lebih besar karena suku bunga telah menumpuk, terutama instrumen jangka panjang. Berbagai keuntungan lainnya, antara lain terhindari dari utang, nilai aset tinggi dan tidak terkena dampak inflasi, memenuhi kebutuhan masa depan, dan perencanaan keuangan.