5 Hal Penting yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Kredit Mobil

5 Hal Penting yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Kredit Mobil

Sebagian besar orang mempunyai keinginan untuk memiliki mobil pribadi. Mereka memikirkan kenyamanan dan kemudahan dalam bertransportasi. Sayangnya harga yang terlampau tinggi sulit untuk membelinya secara tunai. Maka dari itu ada solusi berupa kredit mobil, agar bisa membayarnya dengan sistem angsuran. Namun anda tidak bisa langsung memutuskan kredit tanpa pertimbangan, berikut beberapa hal yang perlu anda penuhi.

  1. Tentukan Tipe Mobil Sesuai Kebutuhan

Ada banyak jenis mobil yang beredar di pasaran mulai dari khusus keluarga, atau tipe mobil auto-pilot. Namun diantara beragamnya mobil tersebut, anda harus menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan. Tentunya setelah menimbang tujuan anda membeli mobil, agar tidak merasa sia-sia nantinya. Jika perlu beli mobil yang memudahkan aktivitas anda sehari-hari. Sehingga dapat menambah mobilitas anda dalam suatu pekerjaan.

  1. Pilih Penyedia Kredit yang Tepat

Terdapat dua pilihan penyedia kredit yaitu melalui bank atau leasing. Keduanya sama-sama baik untuk proses pengambilan kredit kendaraan. Perbedaannya terletak pada segi efisiensi waktu, yang mana leasing lebih cepat untuk disetujui. Sedangkan bank unggul dalam hal negosiasi, ketika di tengah jalan tidak mampu membayar cicilan. Dari kedua pilihan tersebut tergantung pada anda lebih nyaman di layanan kredit sebelah mana.

Setelah menentukan pilihan kredit antara bank atau leasing, anda jangan terburu-buru memutuskan satu tempat. Carilah banyak referensi dealer yang menyediakan sistem kredit, sesuai dengan kemampuan finansial anda. Lakukan pembandingan dari segi harga, DP yang ditawarkan, hingga masa tenor yang ditentukan. Baru setelahnya menentukan penyedia kredit yang sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Lihat Total Biaya yang Harus Dibayarkan

Setelah menentukan tipe mobil serta lembaga penyedia kredit, anda perlu mempertanyakan perihal total biayanya. Dari situlah anda akan mendapatkan informasi mengenai total bunga, besar pajak, dan keseluruhan biaya yang perlu dibayar. Termasuk perhatikan pula biaya administrasi, ditambah dengan premi asuransinya. Sehingga anda bisa memperkirakan berapa uang muka yang diperlukan, serta besaran cicilan yang ditentukan.

Selain itu anda dapat menyesuaikannya dengan budget yang sudah anda siapkan. Biasanya besar uang muka yang diinginkan antara 20-30 persen dari harga mobil. Akan tetapi disarankan untuk membayar DP lebih banyak diawal. Tujuannya agar besar cicilan nantinya lebih kecil daripada saharusnya. Usahakan jumlah cicilan tidak lebih dari 1/3 penghasilan anda per bulan.

  1. Tentukan Cicilan dan Masa Tenor

Memang nantinya pihak penyedia kredit yang menentukan berapa cicilan mobil. Namun mereka juga mempertimbangkan kesanggupan dari anda. Jadi anda turut berperan dengan berapa cicilan yang harus dibayarkan. Asalkan berdasarkan kesepakatan dua belah pihak dan tidak melebihi batas minimal. Selain itu perlu menentukan jangka waktu kredit yang diperlukan, normalnya 1-3 tahun.

  1. Perhatikan Harga Jualnya Nanti

Ada kemungkinan di masa depan, mobil yang anda miliki sekarang akan dijual. Jadi sejak awal pembelian ada baiknya memperkirakan untung dan ruginya di masa depan. Perlu anda tahu bahwa harga mobil langsung turun sekitar 10-15 persen, setelah keluar dari dealer. Belum lagi spesifikasi mesin yang mengalami penurunan peforma, maka tidak ada salahnya dipersiapakan sejak awal.

Membeli kendaraan melalui sistem kredit sekarang sedang dimati banyak orang. Pasalnya anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, untuk mendapatkan satu mobil utuh. Cukup membayar uang muka sesuai kemampuan, dan cicilan yang ditawarkan setiap bulannya. Hanya saja anda perlu mempertimbangkan banyak hal terlebih dahulu, baru mengambil keputusan untuk kredit.