5 Tips Mendapatkan Cicilan Kredit Mobil Ringan

5 Tips Mendapatkan Cicilan Kredit Mobil Ringan

Salah satu kebutuhan sekunder yang menunjang kebutuhan primer adalah kendaraan. Jika anda memilikinya dapat beraktivitas lebih lancar dan menempuh jarak yang jauh lebih cepat serta ekonomis. Akan tetapi, membeli mobil juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Banyak pertimbangan termasuk kondisi keuangan, sehingga kredit mobil dapat jadi pilihan alternatif. Yuk intip beberapa cara agar memeroleh cicilan mobil yang lebih ringan di sini!

  1. Pilih Jenis Mobil Sesuai dengan Kebutuhan

Pastikan anda telah memilih tipe atau jenis mobil yang dapat memenuhi kebutuhan anda. Jenis mobil yang diingkan akan berpengaruh pada harga, cicilan tiap bulan, dan tenor yang anda ambil. Apabila dipakai di dalam kota, anda dapat memilih jenis city car yang mungil dan praktis. Untuk yang sudah berkeluarga dan hobi perjalanan jauh, pilihlah tipe MPV atau SUV agar dapat memuat banyak orang dengan spesifikasi yang mumpuni.

  1. Perbesar Uang Muka

Telah keluar surat resmi yang mengatur besarnya uang muka untuk pembelian kendaraan roda dua ataupun roda empat. Roda dua dikenai uang muka sebesar 25%, sedangkan roda empat sebesar 30%. Akan tetapi, anda dapat memperbesar uang muka agar besar cicilan lebih ringan. Apabila anda memilih besarnya uang muka 40%, maka beban yang masih harus dilunasi sebesar 60%. Cicilan yang tersisa akan terasa lebih ringan.

  1. Jangka Waktu Cicilan Terpanjang

Besarnya cicilan bergantung pada jangka waktu yang anda pilih, sehingga anda dapat menyesuaikan dengan kondisi keuangan. Apabila memilih tenor yang panjang, terdapat dua konsekuensi, yaitu cicilan rendah dan bunga yang lebih banyak. Akan tetapi, anda akan lebih ringan dengan cara ini dan dapat mengalokasikan penghasilan untuk kebutuhan lainnya. Setiap orang tentu memiliki tanggungan yang berbeda beda, sehingga caranya pun variatif.

  1. Manfaatkan Sistem Kredit Baloon Payment

Yang sering anda jumpai tentu besarnya cicilan kredit mobil yang sama dari awal hingga akhir periode. Akan tetapi, sistem balloon payment ini memiliki sistem kerja yang berbeda dan dapat menguntungkan customer di awal periode. Sistem ini memungkinkan anda memiliki besar cicilan yang lebih ringan di beberapa tahun pertama. Setelah itu, biaya yang tersisa harus anda bayarkan di akhir periode, sehingga bisa mengatur keuangan di depan.

  1. Membeli Mobil di Waktu yang Tepat

Membeli mobil atau kendaraan di setiap periode apakah memiliki penawaran yang sama? Tentu tidak karena beberapa factor yang memengaruhi, seperti target sales yang belum tercapai atau penghabisan stock di akhir bulan. Oleh karena itu, anda harus cermat saat membeli mobil agar memeroleh penawaran menarik dan promo w88 indonesia yang lebih banyak. Pastikan anda membeli kendaraan roda empat ini di waktu yang tepat.

Salah satu waktu yang tepat untuk membeli mobil, yaitu di akhir bulan atau akhir tahun. Biasanya sales diberi target yang cukup tinggi selama satu bulan, sehingga banyak diskon yang diberikan untuk anda. Dengan begitu, besar cicilan dan tenor lebih ringan daripada di hari biasa. Begitu pula saat anda membeli di akhir tahun, beberapa dealer menghabiskan produk yang tersisa karena tahun depan telah datang mobil rakitan baru.

Mobil memiliki beberapa fungsi, salah satunya membantu mobilitas aktivitas anda sehari hari. Oleh karena itu, kebutuhan sekunder ini telah beralih menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi meskipun dengan cara kredit. Pembelian kredit ini sangat menguntungkan jika anda dapat besar cicilan yang ringan. Caranya pilih mobil yang tepat, perbesar uang muka, tenor yang terpanjang, manfaatkan sistem balloon payment, dan beli di waktu yang tepat.