5 Alasan untuk Menyewa Profesional SDM untuk Bisnis Anda

Saat menjalankan bisnis kecil, mengelola tugas sumber daya manusia bisa sangat memakan waktu. Dari menulis deskripsi pekerjaan hingga mengelola penggajian, ada banyak area yang mencakup sumber daya manusia. Karena Anda sudah memiliki segudang tanggung jawab lain, mungkin bermanfaat untuk mempekerjakan seorang profesional SDM yang berbakat.

1. Mengawasi Proses Perekrutan Karyawan

Memiliki staf profesional SDM dapat merampingkan proses perekrutan bisnis Anda. Di bawah ini, Anda akan menemukan daftar tugas perekrutan yang akan menjadi tanggung jawab karyawan SDM Anda:

  • Penyaringan Resume: Orang ini dapat meninjau resume dan mengidentifikasi kandidat yang memiliki keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk peran yang ditentukan.
  • Menangani Wawancara: Karyawan HR Anda akan bertanggung jawab untuk menjadwalkan dan melakukan wawancara. Setelah mereka mempersempit daftar menjadi beberapa kandidat yang memenuhi syarat, Anda dapat melakukan putaran terakhir wawancara tatap muka.
  • Menyusun Surat Penawaran: Setelah Anda memilih kandidat, mereka dapat menyusun surat penawaran dan mengoordinasikan tanggal mulai karyawan baru Anda.
  • Mengawasi Proses Orientasi: Saat karyawan baru melapor untuk hari pertama mereka bekerja, manajer SDM Anda dapat memperkenalkan mereka kepada tim, membantu mereka mengisi dokumen, dan menjadwalkan sesi pelatihan mereka.

2. Kelola Penggajian

Sangat penting bahwa bisnis Anda mendistribusikan penggajian dengan tepat dan mengikuti jadwal yang ditetapkan. Karena ada banyak peraturan penggajian, penting bagi Anda untuk mempekerjakan seseorang yang mengetahui peraturan ini, dan memastikan bahwa perusahaan Anda mematuhinya. Jika undang-undang penggajian diabaikan, Anda bisa kehilangan karyawan yang berharga, dihadapkan dengan tuntutan hukum perdata, dan bahkan bisa didenda oleh pemerintah. Untungnya, dengan mempekerjakan profesional SDM yang berpengetahuan luas, Anda dapat menghindari masalah ini.

Baca Juga:  Manfaatkan Instagram, Rahasia Laris Manis Bisnis Online Untuk Pemula

3. Rencanakan Acara Perusahaan

Sebuah studi oleh CareerBuilder dari Thepostshow.com menemukan bahwa 50 persen karyawan lebih cenderung bertahan di perusahaan yang menghargai mereka. Salah satu cara untuk meningkatkan retensi karyawan dan mengenali karyawan Anda adalah dengan mengadakan acara Employee Appreciation Day. Profesional SDM Anda dapat merencanakan dan melaksanakan acara, yang harus mencakup makanan, hiburan, dan bahkan mungkin beberapa gratis!

4. Atasi Kekhawatiran dan Permintaan Karyawan

Sayangnya, akan ada kalanya anggota tim Anda tidak akur, atau seorang karyawan memiliki masalah pribadi yang ingin mereka tangani. Misalnya, Anda mungkin memiliki karyawan yang merasa manajer mereka mengkritik mereka terlalu keras, atau seorang anggota staf mungkin ingin mengatasi kemungkinan kenaikan gaji. Memiliki seorang profesional SDM untuk bertindak sebagai penghubung dalam situasi ini bisa sangat membantu, karena mereka akan tahu bagaimana menangani masalah ini dengan cara yang sesuai dan sesuai.

5. Menangani Tugas Perkantoran dan Administrasi

Seorang profesional SDM juga dapat berfungsi sebagai manajer kantor, yang bertanggung jawab untuk menjaga area umum bisnis Anda. Misalnya, jika pendingin air rusak atau Anda kehabisan kopi, orang ini dapat memesan atau menghubungi bagian pemeliharaan. Juga, mereka dapat mendistribusikan surat dan melakukan tugas administratif lainnya yang penting untuk fungsi bisnis Anda.